OJK dan BEI Luncurkan Game 'Nabung Saham Go'

Nabung Saham GO! - Demi menambah antusiasme masyarakat untuk berinvestasi, Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar simulasi game aplikasi online Nabung Saham Go dan game Stocklab di Gedung BEI, Selasa (23/8).

Game Nabung Saham Go merupakan perwujudan dari PT Winratama Perkasa melalui WinGamers dalam mendukung program gerakan cinta pasar modal, "Yuk Nabung Saham" yang digagas oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Game ini akan bisa dimainkan semua orang seperti permainan Pokemon Go,” ujar Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan.

Dalam simulasi tersebut, BEI mengundang masyarakat untuk ikut serta, khususnya dari kalangan mahasiswa. Mulai besok, BEI juga akan mengundang lebih dari 10 ribu galeri investasi. Adapun permainan ini sudah dapat diunduh di Android.

Sementara itu Vice President PT Winratama Perkasa, Dani Gunawan mengatakan, Game ini mengajarkan kita bagaimana cara berinvestasi saham dengan cara yang mudah, menarik dan menyenangkan, membuat pengguna aplikasi terdorong untuk terus bermain. Selain itu, game ini memberikan motivasi dengan menyampaikan visi kesuksesan melalui investasi saham di Pasar Modal

image0

Cara Bermain game Nabung Saham Go

image1

Manager IT Programer PT Winratama Perkasa Cincin Suryanto menjelaskan cara bermain Nambung Saham Go, sebelum dapat dimainkan, pemain harus meregistrasi data-data diri, seperti KTP, Email dan no HP.

"Semua data itu harus benar-benar data asli si pemain game, tidak boleh data palsu. Selain itu, pemain game ini harus terlebih dahulu melakukan personalisasi karakter pengganti dalam game alias avatar,"ujarnya.

Personalisasi yang dilakukan dari mulai memilih jenis kelamin avatar yang akan dimainkan, pakaian dan penampilan yang diinginkan hingga jenis pekerjaan. Setelah itu, pemain game akan melakukan personalisasi dekorasi rumah sebagai halaman utama dari game ini. Dekorasi rumah bisa diperbaharui dengan membeli berbagi perabot yang dibayar menggunakan poin. Poin tersebut didapat selama permainan.

Poin-poin tersebut didapatkan dengan mengunjungi berbagai tempat dalam game, dari mulai Gedung OJK hingga Gedung Bursa Efek Indonesia.

"Di setiap tempat yang dikunjungi, pemain akan mendapat beberapa pertanyaan seputar pasar modal. Setiap jawaban yang benar akan diberikan poin," cerita dia.

Pengenalan permainan ini dilakukan di hadapan 100-an mahasiswa dari berbagai kampus. Game ini sendiri akan di kompetisikan selama 3 hari, 24-26 Agustus, pemenangnya akan mendapatkan hadiah yang menarik. Juara I mendapatkan Samsung Galaxy Not 5, juara II mendapatkan Samsung Galaxy A5 dan Juara III akan mendapatkan Samsung Galaxy A3.

Para pemenang ini akan diumumkan saat Grand Launching Nabung Saham Go pada Sabtu (27/8) di Gedung BEI.